Rabu, 22 Maret 2017

Kalau Anaknya Nakal, Jangan Buru-Buru Marah. Ingatlah Dahulu 10 Hal Ini



Yaa, Bunda... Ingatlah 10 Hal Ini Ketika Anak Anda NAkal

Dear Ayah Bunda, 

Sebagai ibu muda, tentu Anda akan mendapati masa-masa saat kerepotan dan kehabisan kesabaran dalam mengasuh anak. Hal itu akan dialami oleh semua Ibu-ibu. Untuk itulah, kami membagi pengalaman dan tips dibawah ini, saat Anda merasa kelelahan menghadapi kenakalan dan tingkah laku anak. 

Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang lebih baik bagi anak-anak kita. 

10 hal yang perlu diingat saat menghadapi tingkah laku nakal anak adalah:

1. Berpikir sebelum berbicara

Ambil napas dalam-dalam dan beberapa saat sebelum Anda bertindak berdasarkan apa pun yang terjadi. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat menarik kembali apa yang telah Anda katakana. Apakah Anda akan menggunakan kata-kata yang kasar atau tidak sopan?

2. Ingatlah benda dapat diganti, tidak dengan anak Anda

Anda tidak ingin anak Anda berpikir bahwa benda atau barang-barang Anda lebih penting bagi Anda daripada mereka. Dinding, karpet, dan furniture dapat dibersihkan, keramik yang pecah dapat diperbaiki, namun anak yang rusak jauh lebih sulit untuk diperbaiki.

3. Anda harus bersedia untuk memberi hukuman

Sering kali saya terjebak dalam jebakan ìJika kamu tidak memperbaiki perilakumu, kamu tidak akan boleh lagi main Ö.î Ketika perilaku tidak diperbaiki, sayalah satu-satunya yang tinggal di rumah dengan anak yang tidak patuh ini. Atau seluruh keluarga akan ketinggalan untuk suatu acara. Tidak ada satu pun yang ideal. Sebelum Anda memberi hukuman, pastikan bahwa itu adalah sesuatu yang Anda benar-benar bersedia untuk terapkan.

4. Ketidakpatuhan mereka bukanlah tindakan perlawanan pribadi mereka melawan Anda

Sering kali anak Anda tidak memukul seseorang, memecahkan sesuatu, berbohong kepada Anda, atau melakukan hal lain yang nakal untuk menyakiti Anda. Mereka mungkin tidak suka dengan apa yang Anda katakan, atau hukuman yang Anda berikan, namun jika Anda menganggap tindakannya bukan sebagai perlawan terhadap Anda, rasa marah juga akan sirna.

5. Mata yang lebih kecil akan mengawasi dan mulut yang lebih kecil akan mengulangi apa pun yang Anda katakan di saat yang tidak menyenangkan

Jika Anda memiliki anak yang lebih kecil, apa pun yang Anda lakukan dapat menjadi perbincangan dengan tetangga, guru atau bahkan orang asing yang Anda temui di . Berhati-hatilah akan apa yang Anda ucapkan saat mendisiplinkan seorang anak, karena dapat ditiru oleh anak Anda yang lain.

6. Terkadang Anda perlu keluar ruangan dan menenangkan diri

Ketika emosi memuncak dan Anda tampaknya tidak dapat menenangkan diri Anda atau anak Anda, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak. Pisahkan diri Anda dari anak Anda dan situasinya. Saat telah berpisah, berdoalah, teleponlah pasangan Anda, berhitung sampai 100 atau hal lain yang dapat membuat Anda kembali dan dengan tenang berbicara dengan anak Anda dan menyelesaikan masalahnya.

7. Berfokuslah pada perilaku yang perlu diubah

Kapan pun saat Anda sedang mendisiplinkan anak Anda, pesan yang Anda ingin didengar adalah bahwa perilaku perlu diubah dan bukan anak Anda adalah anak yang nakal. Ketika membahas hal yang baru terjadi dan memutuskan hukuman, Anda perlu untuk memastikan baik pembahasan dan hukuman berfokus pada perilaku yang perlu untuk diubah.

8. Belajarlah umur berapa yang pantas

Apakah Anda mengharapkan anak 4 tahun Anda menjadi bertanggung jawab seperti kakaknya yang 10 tahun? Apakah Anda mengharapkan anak 8 tahun bertindak seperti 16 tahun? Lakukan beberapa penelitian untuk belajar tidak hanya apa yang diharapkan dari anak seusianya namun apa perilaku yang anak seusianya biasa lakukan.

9. Meskipun itu tidak lucu sekarang, nanti akan lucu

Jika Anda dapat belajar tertawa, situasi tidak akan menjadi sebuah tragedi. Saat di mana nasi berserakan di dapur, atau ketika si kembar berusaha memanjat toilet, suatu saat nanti itu akan menjadi cerita yang lucu. Momen yang tampaknya menyusahkan tidak akan bertahan selamanya.

10. Anda mengasihi mereka

Ini adalah hal yang paling penting untuk diingat. Saya harap dapat terus mengatakan bahwa saya mengasihi anak saya, namun ketika mereka mewarnai di atas mobil baru saya dengan spidol permanen atau secara tidak sengaja dibiarkan sendirian tidur dengan gunting, adalah sulit diingat. Selalu baik untuk mengambil napas dalam-dalam dan mengingat betapa Anda sangat mengasihi mereka. Ketika saya memeriksa malaikat saya yang tidur di malam hari, saya dipenuhi dengan kasih sayang kepada mereka, terlepas dari apa yang mereka lakukan hari itu. Ini adalah gambaran yang saya berusaha ingat ketika berurusan dengan kenakalan.

Semoga bermanfaat yaa Bunda... :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar