Selasa, 28 Maret 2017

WAKTU TAK BISA DIPUTAR KEMBALI!! Ini 5 Cara Agar Anda Bisa Melewatkan Waktu Berkualitas Bersama Si Kecil..



5 Cara Agar Anda Bisa Melewatkan Waktu Berkualitas Bersama Balita. 
Karena Waktu Tak Bisa Diputar Ulang. Praktekkan 5 Cara Ini, Agar Tak Menyesal Kemudian Hari. 

Dear Ayah Bunda, 

Senangnya saat bayi Anda lahir ke dunia ini. Semua menyambut gembira. Ups, namun ternyata kehadiran buah hati tak serta merta membuat waktu Ayah Bunda dihabiskan bersamanya. Apalagi bila Ayah Bunda sibuk bekerja, hal ini tentu akan memangkas waktu kebersamaan dengan buah hati. 

Nah, bagi Ayah dan Bunda bekerja yang sibuk dengan rutnitas kantor yang padat, tentu saja tak memiliki waktu yang berkuantitas untuk bermain dengan anak. Waktu yang sangat sedikit masih harus dibagi dengan suami dan juga beberapa pekerjaan rumah. Padahal, aktivitas bermain dengan anak sangat diperlukan untuk tumbuh kembang mereka agar lebih cerdas dan percaya diri.
Baca juga: Hati-hati!!! Gangguan Psikosomatis Bisa Menyerang Mamah Muda Akibat Kurang Piknik

Tak perlu khawatir Ayah Bunda, ada banyak cara yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk bisa beraktivitas maksimal bersama si kecil meskipun waktunya terbatas. Ikuti tips berikut ini Yuk:

1. Berikan waktu minimal 15 menit setiap hari untuk bermain
Cobalah untuk konsisiten memberikan waktu terbaik minimal 15 menit dalam satu hari untuk si kecil. Meskipun tugas kantor sedang menumpuk sekalipun, sebaiknya Moms tetap mengusahakan waktu bermain dengan anak. Carilah permainan-permainan edukatif yang sekiranya bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

2. Berusaha untuk fokus saat bermain
Untuk memberikan permainan yang berkualitas, Ayah Bunda harus fokus saat mengajak anak bermain. Lupakan sejenak segala masalah dan pekerjaan lain saat bermain. Anggap saja permainan yang dilakukan juga merupakan sarana melepas kepenatan dari aktivitas yang padat.

Anak akan merasa sangat senang ketika sang ibu yang biasanya tampak sibuk bisa bermain dengan enjoy dengan mereka. Ingat Ayah BUnda, memori anak sangat dominan di fase ini, jadi sebisa mungkin berikan memori terbaik untuk anak dengan memberikan waktu bermain yang berkualitas.

3. Buat catatan tentang jenis permainan untuk variasi
Balita sering bosan jika permainan yang ditawarkan itu-itu saja, mereka juga ingin permainan lain untuk variasi. Moms bisa merancang aneka permainan seru untuk mereka dengan mencatatnya dalam jurnal atau buku harian. Kenali permainan yang disukai dan tak disukai anak agar anak merasa diperhatikan. Ayah Bunda bisa membuat dan merancang aneka permainan tersebut di sela jam kantor.
Baca juga: Buat Para Ayah di Seluruh Dunia, Engkaulah Penyebab Anak Jadi Nakal atau Jadi Sholeh.

4. Hindari melarang anak bereksplorasi
Usia si kecil memang sedang melalui fase ingin tahu yang sangat tinggi, wajar jika saat bermain si kecil sering melakukan eksplorasi yang aneh-aneh. Jika tak membahayakan, Moms sebaiknya jangan melarang si kecil untuk bermain ini itu. Biarkan saja mereka bereskplorasi sesuai dengan perkembangan motoriknya. Namun jika dirasa cukup berbahaya, Moms bisa mengalihkannya dengan memberikan alternatif permainan lain.

5. Jangan lupa komunikasi
Anak tentu membutuhkan komunikasi yang baik dan jelas dengan orang tua, dan agenda bermain mejadi saah setu cara yang tepat untuk menjalin komunikasi dengan anak. Waktu Moms yang sibuk dan padat membuat komunikasi cukup minim, oleh karena itu usahakan untuk selalu berkomunikasi dengan anak saat memulai permainan.

Misalnya, Ayah Bunda bisa bertanya pertanyaan-pertanyaan simpel yang menujukkan perhatian, agar si anak tahu bahwa ia sedang diajak bicara. Dengan cara ini, waktu bermain dengan sang ibu akan sangat berkualitas meskipun terbatas kuantitas.

Semoga bermanfaat Yaaa Ayah Bunda. Yuk, sama-sama belajar untuk menjadi orang tua yang lebih baik bagi anak-anak kita semua. :) 

Please Like and Share yaaa... :)
Baca juga: Hanya Seorang Ibu yang Bisa Masak Sambil Gendong Bayi, Sambil Update Status, Sambil Nyusuin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar