Sabtu, 08 April 2017

Ayah Bunda, Jangan Larang Anak Saat Anak Melakukan Hal-Hal Dibawah Ini


Ayah Bunda, Jangan Larang Anak Saat Anak Melakukan Hal-Hal Dibawah Ini

Dear Ayah Bunda,

Anak-anak pada dasarnya penasaran tentang segala hal yang mereka temui. Karena mereka belum memiliki banyak pengalaman dalam hidup, makanya kadang mereka bereaksi sedikit berlebihan tentang apa pun, baik dalah hal positif maupun negatif. Meskipun begitu, sebaiknya Bunda jangan melarang tujuh hal yang mereka lakukan berikut ini.

#1
Ketika Bunda melihat si kecil menangis, Bunda langsung segera bertanya apa yang terjadi dan kenapa menangis. Tapi Bunda harus paham mereka juga memiliki perasaan yang harus mereka luapkan. Mereka akan berhenti menangis ketika mereka ingin, karena sudah jelas, menangis itu rasanya enggak nyaman.

#2
Anak-anak suka tertawa meski kadang enggak pada tempatnya. Tertawa juga merupakan peluapan rasa dan emosi. Biarkan mereka mengekspresikan diri mereka sendiri.

#3
Anak-anak memang seharusnya bermain. Ketika mereka bermain-main dengan binatang peliharaan atau barang yang ada di rumah, biarkan saja. Awasi saja dan cegah bila sudah mendekati bahaya. Karena anak-anak belajar melalui permainan.

#4
Bunda mungkin sering melihat orang yang melarang anak-anak bermain di tengah hujan dan melompati kubangan air. Padahal Bunda enggak sadar, kalau Bunda larang mereka, mereka enggak akan memiliki memori yang menyenangkan ketika sudah tumbuh besar. Biarkan saja mereka bersenang-senang dan melakukan hal konyol selagi masih pantas dilihat orang lain. Bayangkan kalau Bunda yang sudah dewasa baru mencoba hal ini sekarang.

#5
Anak-anak sering sekali membuat segalanya berantakan. Kamarnya, meja makan, dapur, ruang tamu... di mana pun! Jangan Bunda larang apa lagi memarahi mereka. Biarkan mereka tumbuh sewajarnya dan berkreasi. Jangan sampai larangan Bunda justru mengikat kreatifitas mereka.

#6
Bukan cuma Bunda yang sudah dewasa sering beradu argumentasi. Anak-anak juga sering. Mereka kadang beradu argumen dengan teman-temannya. Jangan salah sangka dan mengira mereka berkelahi, lantas langsung Bunda pisahkan. Dengarkan saja apa yang mereka bicarakan. Ini adalah proses di mana mereka belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dengan berbicara. Bukan dengan kekerasan.

#7
Karena anak-anak perlu belajar untuk berusaha memecahkan masalah dengan kemampuannya sendiri. Ketika mereka mendapatkan kesulitan, jangan langsung bantu mereka. Perhatikan dan awasi saja. Ketika mereka sudah terlalu lama berkutat pada masalah tersebut, barulah tanyakan, "apakah kamu butuh bantuan?" Ini akan membantu mereka berpikir dan menyadari sampai mana kemampuan mereka.

Nah, itu dia tujuh hal yang enggak boleh Bunda larang. Biarkan mereka tumbuh dengan mengalami segala rasa dengan wajar. 

Sumber: bintang.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar