Kamis, 18 Mei 2017

MENGEJUTKAN! Kasih Sayang Ayah Ternyata Bisa Bikin Anak Tidak Nakal..


Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Oxford University menemukan bahwa keterikatan emosi yang baik antara ayah dan anak berpengaruh pada perilaku anak. Penelitian ini melibatkan lebih dari 10 ribu orangtua di Inggris barat dan selatan. 

Penelitian dilakukan dalam dua periode: saat anak masih balita dan saat anak memasuki usia sekolah. Di periode pertama, para peneliti mengamati tiga aspek: respon emosional ayah terhadap anak, frekuensi keterlibatan ayah dalam urusan domestik dan pengurusan anak, serta cara ayah berperan. 

Baca juga: Buat Para Ayah di Seluruh Dunia, Engkaulah Penyebab Anak Jadi Nakal atau Jadi Sholeh. Ayo SHARE!!!

Di periode kedua, saat anak berusia 9 dan 11 tahun, para orangtua ditanya tentang perilaku anak sekaligus kemampuan sosial mereka di sekolah dan lingkungan. Hasilnya, ayah yang melibatkan banyak emosi dan berperan sebagai orangtua, berisiko lebih rendah memiliki anak yang perilakunya bermasalah. 

"Temuan ini menunjukkan keterlibatan orangtua di masa kanak-kanak adalah faktor terkuat yang mempengaruhi perilaku anak di kemudian hari. Dan bukan ditinjau dari jumlah waktu yang diberikan ayah dalam mengurus urusan domestik serta pengasuhan anak," ungkap tim peneliti. 

Ini bukti bahwa keterlibatan ayah bisa meringankan beban dan depresi ibu, yang meningkatkan risiko masalah perilaku anak. Keterlibatan ayah juga merupakan perwujudan keluarga yang utuh dan bahagia, yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. - FD

Cara Agar Ayah Dekat Dengan Anak 

Ya, kesibukan ayah seringkali membuat anak kurang memiliki kedekatan. Padahal, menurut Dr. Ratna Megawangi, M. Sc., nggak hanya ibu yang perlu terlibat untuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Manfaat ayah dekat dengan anak, ternyata bisa membuat anak memiliki karakter positif, lebih percaya diri bahkan lebih cerdas. Berikut hal yang bisa kamu lakukan bersama anak.

Baca juga: Hindari Bilang "Berhenti Nangis!" Pada Anak yang Sedang Menangis..


Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik sudah pasti sangat disukai para ayah. Mulai dari main gulat, lari-lari dan melompat. Nah, kenapa kamu nggak mencoba melakukan ini bersama anak. Ajak anak untuk ikutan melakukan aktivitas fisik seperti main sepeda, main kejar-kejaran di taman atau melompat di atas trampolin. Seru pastinya! Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa mengajak anak untuk membantu mencuci mobil atau melakukan hobi bersama, seperti bermain futsal, renang atau main basket.

Intelektual

Ternyata ayah itu dianggap sebagai guru pertama anak dalam kehidupannya. Nggak cuma soal melakukan aktivita fisik, ayah juga bisa bermain soal akademis. Misal, dengan mengenalkan tentang ibukota berbagai negara dan membuat games tebak-tebakan.  Jangan lupa untuk menyisipkan reward kecil kalau anak berhasil menjawab semua pertanyaan dari kamu ya, Ayah.

Baca juga: Jika Saja Anda Memeluk Anak Saat Dia Marah, Inilah Hasilnya...


Interaksi Sosial 

Mengajak anak untuk ikut dalam acara gathering kantor atau olahraga bersama teman, juga salah satu kegiatan yang bisa mendekatkan bonding. Selain itu, saat bersama dengan orang baru kamu juga bisa mengajarkan anak agar lebih percaya diri dan berinteraski dengan orang lain. Bagaimana, mau mencoba untuk mempraktikkan kegiatan tersebut?  Mudah lho!


Sumber: familyguide dan family.fimela

Baca juga: Ayah, Ini 4 Curhatan Ibu yang Perlu Ayah Dengar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar